-->
Kebiasaan Orang-Orang Dahulu Mendidik Anak

Kebiasaan Orang-Orang Dahulu Mendidik Anak

Semua orang pasti menginginkan agar keturunannya menjadi Anak Sholih, sudah tidak diragukan lagi dan menjadi niatan tersendiri dalam hati kita semua.

Kebiasaan Orang-Orang Dahulu Mendidik Anak


Dalam hal ini mari kita mengintip bagaiana proses yang dialami dalam aktifitas kita sehari-hari terhadap momongan kita. Usahakan jangan setengah-setengah ya jika kita ingin mempratekkannya. 

Bagaimana Cara Mendidik Anak Agar Sholih

Kebiasaan Orang-orang terdahulu yang Soleh dari Keluarga Ba'alawi dalam mendidik Anak-anak mereka:

Pertama kali yang diajarkan kepada anak ketika baru bisa bicara adalah:


رضيت بالله ربا وبالإسلام دينا وبمحمد نبيا ورسولا وبالقرآن إماما ودليلا

Mengajak keluar anak-anak kecil ketika waktu malam yang terakhir (sebelum subuh) ke masjid agar menjadi kebiasaan.

Sebelum memasuki Bulan-bulan berkah seperti Ramadhon, mereka mengumpulkan anak-anak mereka dan bertanya kepada mereka, apa yg akan kalian kerjakan dibulan yang berkah ini dari amalan membaca Alqur'an, dzikir, dan sedekah.

Mereka mengajari anak-anak mereka niat-niat yang baik sebagaimana mengajari mereka Surat Alfatehah.

Mereka mengadakan majelis ilmu di rumah, dan berkumpul di rumah harian atau mingguan, mereka membaca sedikit dari al-qur'an al-kariem (tadarus), kitab hadist fiqih dan mereka menutup majelis dengan doa dan solawat kepada Nabi Muhammad.

Ketika masuk baligh anak mereka, mereka memberi tahu anaknya kalau sudah Mukallaf dan sekarang dua Malaikat akan mencatat kebaikan dan kejelekan dan menulis ucapan dan perbuatannya, dan hal itu diadakan perayaan yang dihadiri ulama'.

Mereka tidak menunda pernikahan anak-anak mereka setelah baligh kawatir terjerumus kepada kemaksiatan.


Mereka mengajari anak-anak dengan berdoa memohon kepada ALLOH dalam setiap keadaan.

Apabila anaknya ingin sesuatu dari orangtuanya, mereka berkata kepada anaknya: wudhu'lah dan sholat 2 rokaat dan mintalah kepada ALLOH hajat-hajatmu dan setelah sholat orang tua memberikan yangg anak minta seraya berkata Sungguh ALLOH yang mengabulkan doamu.

Mereka membagi tugas kepada setiap anak, ada yang bertugas belanja ke pasar, dan ada yang menyapu rumah dan ada yang bertugas melayani tamu dan ngambil air.
Mereka lebih banyak memperhatikan pembelajaran putri-putri mereka dari pada yang laki-laki karena anak perempuan tidak keluar rumah.

اللهم ببركتهم وبكرمتهم وبجاههم أن تجعلنا من الصالحين وأن تزوجنا زوجة صالحة تعيننا على نيل رضاك يا رب العالمين وأن ترزقنا أولادا صالحين يكونون أثرا باقيا سرمديا أبديا إلى يوم أن نرى وجهك ووجه نبيك محمد صلى الله عليه وسلم وأنت راض عنا يا رب العالمين.

Mari Berusaha agar Tercapai

Itulah sedikit Berbagi tentang Kebiasaan Orang-Orang Dahulu Mendidik Anak, semoga bermanfaat dan membuahkan hasil yang maksimal untuk kita adikan referensi buat pendidikan anak kita amiinn.

Link Sumber :



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kebiasaan Orang-Orang Dahulu Mendidik Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel